Jl. RM. Thaher No.503 Rimbo Tengah, Muara Bungo, Jambi | Tlp. : 0747 21065

Berita, Agenda dan Kegiatan, Foto dan Video

BPKAD dan KPP Pratama Muara Bungo Adakan Bimtek Pengisian SPT Masa dan Pelaporan Perpajakan Bagi Para Bendahara Pengeluaran OPD

  • Terbit : 07 Oktober 2021
  • 144 Kali Dilihat
  • BPKAD dan KPP Pratama Muara Bungo Adakan Bimtek Pengisian SPT Masa dan Pelaporan Perpajakan Bagi Para Bendahara Pengeluaran OPD

    Muara Bungo, bertempat di aula BPKAD Kabupaten Bungo diadakan Bimbingan Teknis Pengisian SPT Masa dan Pelaporan Perpajakan bagi para Bendahara Pengeluaran dan Kasubbag Keuangan OPD dalam Kabupaten Bungo. 

     

     

    Acara ini terselenggara sebagai kerja sama antara BPKAD Kabupaten Bungo  dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Muara Bungo. Acara berlangsung selama 3 (tiga) hari dari hari Selasa (5/10/2021) sampai dengan Kamis (7/10/2021).

    Acara Bimbingan Teknis Pengisian SPT Masa dan Pelaporan Perpajakan dibuka oleh Kepala BPKAD Kabupaten Bungo Drs.Supriyadi,ME yang diwakili oleh Sekretaris BPKAD Kabupaten Bungo M. Rachmat, S.Mn, ME 

    Dalam sambutannya,  M. Rachmat mengatakan bahwa, penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak dari Pemerintah Pusat,  salah satunya bersumber dari pajak-pajak yang dipungut oleh bendahara atas belanja dari beban APBD. "Jadi kewajiban pemungutan, penyetoran dan pelaporan pajak sangatlah penting" kata Sekretaris BPKAD.

    Disebutkan bahwa salah satu syarat penyaluran dana transfer adalah penyampaian Berita Acara Rekonsiliasi Pajak-pajak Pusat yang disetorkan ke RKUN atas beban belanja APBD. "Nah terkait dengan rekonsilisasi ini adalah salah satu kewajiban bendahara menyampaikan pelaporan pajaknya" tambahnya.

    Dalam acara tersebut juga diadakan tanya jawab antara nara sumber dan peserta serta praktek pengisian SPT Masa dan pelaporan perpajakan dengan bimbingan dari KPP Pratama Muara Bungo. 

    Sebagai nara sumber pada acara tersebut adalah Hariyani,SIP Kasubbid Kasda BPKAD dan nara sumber dan tim IT dari KPP Pratama Muara Bungo Jufri Handoko Sijabat, Metha N.M. Simanjuntak, Kevin Adham Riansyah, Indriyani, Lesta Feryadi Siregar dan Simon Purba. (Tim Publikasi BPKAD)

    BPKAD Kabupaten Bungo