Jl. RM. Thaher No.503 Rimbo Tengah, Muara Bungo, Jambi | Tlp. : 0747 21065

Berita, Agenda dan Kegiatan, Foto dan Video

Pemkab Bungo Serahkan LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2019 Kepada BPK RI

  • Terbit : 17 Maret 2020
  • 176 Kali Dilihat
  • Pemkab Bungo Serahkan LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2019 Kepada BPK RI

    Jambi, Bertempat di BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi, Selasa (17/3), Kepala BPKAD Kabupaten Bungo Drs.Supriyadi,ME menyerahkan Laporan Keuangan  Pemerintah Daerah (LKPD) unaudited tahun anggaran 2019 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi.

    Penyerahan LKPD unaudited dari Kabupaten Bungo tersebut diterima oleh ketua tim audit Kabupaten Bungo Toufan Sougi Saputro dan Pengendali Teknis, Rosida Mariana. Keduanya dari BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi.

     

    Penyerahan LKPD tersebut adalah untuk memenuhi amanat dari Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan berbagai ketentuan perundang-undangan lainnya.

    Berbeda dengan acara penyerahan LKPD pada tahun-tahun sebelumnya yang diserahkan langsung oleh Bupati Bungo, untuk tahun ini dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19, maka acara penyerahan LKPD diserahkan cukup oleh utusan Pemda dan diikuti oleh sedikit pejabat/staf Pemda. "Hal ini sesuai dengan edaran dari BPK RI Pusat untuk mengurangi acara pertemuan yang melibatkan kontak fisik langsung dengan banyak orang" kata Sougi, panggilan akrab Toufan Sougi Saputro.
     
    Sementara itu Kepala BPKAD Kabupaten Bungo setelah penyerahan LKPD unaudited tersebut  mengatakan bahwa pada LKPD Tahun Anggaran 2018 yang lalu, yang diaudit oleh BPK pada tahun 2019,  Pemda Kabupaten Bungo memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

    "Untuk LKPD Tahun Anggaran 2019 ini kita juga tetap berharap hasil audit nantinya memperoleh opini yang sama, yaitu WTP" katanya.

    Menurut Supriyadi, pada tahun-tahun sebelumnya persoalan pengelolaan aset daerah menjadi salah satu yang jadi permasalahan.

    “Pemerintah Kabupaten Bungo telah banyak berbenah untuk memperbaiki pengelolaan asetnya, sudah ada progres yang signifikan, sehingga diharapkan atas LKPD Tahun anggaran 2019 ini, Kabupaten Bungo bisa mempertahankan opini WTP dari BPK RI" tambah Kepala BPKAD.

    Pada kesempatan tersebut ketua tim audit dan Pengendali Teknis BPK RI untuk Kabupaten Bungo, menegaskan bahwa setelah diterimanya LKPD  tersebut, maka tim audit BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi akan segera melakukan audit atas LKPD tersebut.
    "Insha Allah pada beberapa hari ke depan, kami tim dari BPK akan mulai melaksanakan audit atas LKPD Kabupaten Bungo Tahun Anggaran 2019" tambahnya.

    Hadir juga pada penyerahan LKPD unaudited tersebut beberapa pejabat dari BPKAD Kabupaten Bungo antara lain Sekretaris BPKAD M.Rachmat,S.Mn.,M., Kepala Bidang Aklap Keuangan BPKAD Ponco Susilo,SE.,M.Si., dan pejabat serta staf lainnya. (Tim Publikasi BPKAD).

    BPKAD Kabupaten Bungo