Administrator 07 Sep 2023 178

Muara Bungo, Analis Aset Daerah pada Bidang Pengelolaan Aset BPKAD Kab. Bungo menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi inventarisasi gedung dan bangunan sekolah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo pada hari Kamis tanggal 7 September 2023, bertempat di Aula Dharmawanita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Pengelolaan Aset yang diwakili oleh Analis Aset Daerah Faiz Maas,SE dipercaya untuk menyampaikan materi sosialisasi.  Sebagai peserta kegiatan sosialisasi ini adalah para kepala sekolah, bendahara dan operator sekolah dari Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Wilayah I yang mencakup Kecamatan Pasar Muara Bungo dan Kecamatan Rimbo Tengah.

Sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam menindaklanjuti kapitalisasi pengeluaran setelah perolehan awal aset tetap gedung dan bangunan. Dimana pihak sekolah diminta untuk segera melakukan inventarisasi fisik gedung dan bangunan yang berada di lingkungan sekolah guna mendapatkan data jumlah real bangunan sekolah.

Di sela sosialisasi inventarisasi gedung dan bangunan, tim juga menyampaikan penyelenggaraan terkait pengamanan BMD berupa sertifikasi tanah, dimana pihak sekolah diminta untuk segera mengusulkan permohonan sertifikasi tanah, memasang patok tanah sekolah dan segera mengusulkan peralihan nama sertifikat atas tanah yang masih mengatasnamakan perorangan.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung cukup aktif. Pihak sekolah mengungkapkan fenomena-fenomena di tingkat sekolah yang diupayakan untuk mendapatkan solusi bersama pada kesempatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa laporan hasil kegiatan inventarisasi fisik bangunan sekolah ini dilaporkan paling lambat minggu pertama bulan November 2023 dan disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku Pengguna Barang untuk selanjutnya dilakukan identifikasi data rincian gedung dan bangunan yang kemudian akan dikapitalisasi dan penghitungan kembali beban penyusutan.

Diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara periodik, dengan tujuan untuk memantau perkembangan data BMD pada tingkat sekolah sekaligus juga menjadi sarana untuk menjalin silaturahiim dan kebersamaan dalam upaya penyelenggaraan pengelolaan BMD yang tertib dan akuntabel untuk mewujudkan Bungo Maju dan Sejahtera. (Tim Publikasi BPKAD)




Tuliskan Komentar